Warga Binaan Rutan Depok Rayakan Natal Bersama Keluarga

Sebanyak 83 Warga Binaan yang beragama Kristiani menggelar perayaan Natal di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Depok, Jumat (14/12/2018) petang, dihadiri keluarga dan para mitra dari berbagai denominasi gereja/ lembaga yang tergabung melayani bersama di Gereja Oikumene Anugerah, Rutan Cilodong-Depok.

Mengangkat tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” acara tersebut berlangsung khidmat dan meriah. Seperti
yang disampaikan Pendeta Samuel Simorangkir dalam khotbahnya bahwa Kelahiran Yesus yang dirayakan dalam Natal setiap tahun telah menyelamatkan umat manusia dari dosa. Oleh karena itu semua warga binaan termasuk keluarganya untuk meneladani Yesus Kristus agar terhindar dari godaan si jahat.

“Perayaan Natal yang dirayakan setiap tahun, mengajak kita untuk meneladani Yesus Kristus sebagai Tuhan
dan Juruselamat umat manusia. Dan kita semua harus lakukan setiap saat agar kita dapat diselamatkan dari dosa. Karena Tuhan Yesus lahir lalu mati di kayu salib kemudian bangkit dari kematian hanya untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa” ungkap Samuel.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Rutan Kelas IIB Kota Depok, Bawono Ika Sutomo mengatakan, perayaan Natal bagi warga binaan yang beragama Kristiani sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Semoga menjadi moment untuk memperbaiki diri. Untuk perayaan Natal tahun 2018 berjalan khidmat dan meriah sesuai dengan tema bersama keluarga. “Kami undang seluruh keluarga warga binaan, untuk bersama-sama merayakan Natal sekaligus momentum bagi setiap warga binaan untuk memperbaiki diri lewat kegiatan kerohanian mereka selama menjalani proses hukumannya di rumah tahanan”, ujar Bawono.

Bawono juga menambahkan terkait dengan pengajuan remisi akan diumumkan pada tanggal 25 Desember 2018 mendatang. “Kami berharap setelah selesai menjalani hukuman pidana, warga binaan bisa menjadi pribadi yang lebih baik bersama dengan masyarakat dan keluarga. Dari sekitar 83 warga binaan hanya yang sudah memenuhi syarat akan diproses untuk mendapatkan remisi” tandasnya.

Sementara Darius Leka, S.H, M.H Koordinator Hukum dan Advokasi Forum Kerukunan Umat Kristiani Kota  Depok (FKKUKD) saat ditanya Humas Rutan Depok, mengatakan bahwa warga binaan yang menjalani masa hukuman di Rutan Depok sudah memenuhi aturan yang berlaku, terutama dalam hal pendampingan kerohanian dari masing-masing warga binaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan harapan usai menjalankan masa hukuman mereka dapat membuktikan kualitas diri sehingga dapat diterima kembali oleh masyarakat. Kita disegarkan kembali untuk bisa menumbuhkan tunas-tunas baru, yang pada akhirnya diharapkan mampu  menghasilkan buah-buah pertobatan yang berlimpah bagi Keluarga, Lingkungan,
Wilayah, Paroki dan masyarakat dimanapun kita berada. Selamat Natal. (Dar)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 13 =