Trik Mudah Hemat Kuota Saat Live Streaming

MEREBAKNYA virus Covid-19 membuat semua kegiatan yang bersifat pengumpulan massa harus ditiadakan, termasuk kegiatan ibadah, tak terkecuali perayaan Ekaristi.

Melalui surat imbauan, Keuskupan Bogor dan Paroki St Paulus Depok meminta umat Katolik melakukan semua kegiatan ibadah di rumah masing-masing. Alhasil, mengikuti perayaan Ekaristi melalui live streaming menjadi pilihan.

Tidak perlu khawatir untuk mengikuti misa online ini karena sangat banyak keuskupan atau gereja yang menyelenggarakan misa streaming ini. Gereja St Paulus Depok, sudah menyelenggarakan misa secara live streaming sejak Minggu Pra-Paskah IV. Pada Minggu Pra-Paskah V, misa secara streaming bisa diikuti melalui Link YouTube  https://bit.ly/ParokistPaulusDepok  Facebook Paroki Santo Paulus, dan Instagram @parokistpaulusdepok.

Ruang kendali live streaming perayaan Ekaristi

Salah satu konsekuensi mengikuti kegiatan secara streaming adalah harus menyediakan kuota data. Namun jangan khawatir karena ada beberapa trik untuk mengirit kuota saat mengikuti live streaming yang disarikan dari beberapa sumber. Ini dia:

  1. Turunkan Kualitas Video

Cara paling mudah untuk menghemat pemakaian data adalah dengan menurunkan kualitas video menjadi lebih kecil. Jika Anda menonton dengan kualitas HD atau 720p, tentu data yang terpakai akan lebih banyak. Jika Anda mau sedikit kompromi dengan menonton kualitas gambar bisa menurunkan  resolusi menjadi 480p, 360p atau bahkan 240p. Caranya pilih gampang. Ketuk video untuk memunculkan menu. Di pojok kanan atas, ketuk menu Settings yang ditandai dengan titik-titik berjumlah 3 buah. Ketuk pada Quality. Kemudian pilih resolusi video yang ingin gunakan , kuota akan lebih sedikit terpakai.

  1. Gunakan aplikasi YouTube Go

Aplikasi Youtube Go dirancang secara spesifik untuk mengurangi penggunaan kuota secara signifikan. Memiliki tampilan super minimal dan opsi memilih kualitas video sebelum menonton. Youtube Go tidak memiliki tombol like-dislike, komentar, sharing, dan inbox. Bahkan opsi di dalam video hanya berupa caption dan report. Aplikasi ini memang murni dibuat khusus untuk menikmati video semata tanpa terganggu komponen interaktif sesama pengguna di dalamnya. Youtube Go tersedia gratis untuk pengguna Android dan dapat ditemukan via Google Play Store.

  1. Gunatan aplikasi data server

Cara lain untuk menghemat pemakaian data adalah menggunakan aplikasi data saver seperti Opera Max. Aplikasi tersebut akan menghemat kuota internet kamu sekitar 40-50%. Mengapa? Karena konten data yang ada pada ponsel Anda akan dialihkan ke server milik Opera dan nantinya data tersebut akan dioptimalkan sedemikian mungkin agar lebih hemat.

Nah, selamat mengikuti live streaming perayaan Ekaristi di rumah Anda masing-masing. (erjebe)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 6 =