Surat Pemakluman Tentang Sinode II Keuskupan Bogor

Kita sedang memasuki masa indah dalam Liturgi Gereja kita ialah Masa Adven. Artinya kita sedang mempersiapkan segala yang indah berupa memperkuat harapan kita, memperdalam cinta kita serta meneguhkan iman berupa pertobatan kita dalam menyongsong peristiwa Natal, kelahiran Tuhan Kita Yesus Kristus.

Diterangi oleh Maklumat kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang dibacakan dalam pembukaan Liturgi Malam Natal, maka saya sebagai Uskup Diosesan Gereja Lokal Keuskupan Bogor memaklumkan bahwa :

  1. Kita (Uskup, para imam, suster-bruder, awam) sebagai Gereja Keuskupan akan mengadakan SINODE II Keuskupan Bogor. Sinode itu dilaksanakan di tingkat paroki, dekanat, Keuskupan sebagai suatu perjalanan bersama selama 1 tahun.
  2. Sinode akan dibuka pada Pesta Tahta Suci Santo Petrus, Jumat, 22 Februari 2019, saat kita bersamaan merayakan syukur genap 5 tahun Penggembalaan kami sebagai Uskup Diosesan Bogor.
  3. Tema Sinode: “SUKACITA SEBAGAI COMMUNIO YANG INJILI, PEKA (MURAH HATI), CINTA ALAM DAN MISIONER”. Pokok bahasan sebagai titik masuk dalam tuturan bersama kita ialah “Gereja dan Keluarga serta Pendidikan Katolik”, “Gereja dan Orang Muda Katolik” dan “Misi Gereja dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan.”
  4. Semangat Sinode: Injili, Sukacita dan Sederhana demi Keutuhan.
  5. Kuasa doa (bdk. EG 262): kita diminta untuk Adorasi dan berdoa mohon perlindungan Bunda Maria, Bunda Penolong Abadi serta mendaraskan doa Sinode pada setiap Perayaan Ekaristi yang diadakan sejak tanggal 9 Desember 2018 sampai 9 Desember 2019.

Maklumat ini disyiarkan di paroki-paroki, biara-biara, pertapaan, sekolah-sekolah dalam Perayaan Ekaristi Hari Minggu Adven II, tanggal 9 Desember 2018. Isi maklumat ini wajib dilaksanakan oleh semua imam, bruder, suster, serta awam katolik di Keuskupan Bogor.

 

Bogor, 9 Desember 2018
Magnificat Anima Mea Dominum

 

Mgr. Paskalis Bruno Syukur
(Uskup Keuskupan Bogor)

 

Surat maklumat ini bisa diunduh disini: PEMAKLUMAN-SINODE-II-KEUSKUPAN-BOGOR.

Berita dan Artikel Lainnya