Satu Relasi, Hari Raya Tritunggal Mahakudus

Hari ini adalah hari raya Tritunggal Mahakudus. Hari raya Tritunggal Mahakudus merupakan suatu misteri iman yang sungguh mendalam bagi umat Katolik.

Ungkapan konkret iman kita akan Allah Tritunggal Mahakudus tampak dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat Tanda Salib dan mendaraskan Doa Kemuliaan.

Dalam tindakan-tindakan itu, secara pasti dan lantang kita akan menyebutkan kata Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Tiga kata itu merupakan kata yang penting dalam iman kita. Melalui Tiga kata itu, kita mengakui Allah Tritunggal Mahakudus.

Kita mengimani bahwa dalam Tritunggal Mahakudus itu ada Allah Bapa yang menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Ada Putra Tunggal, Yesus Kristus Tuhan kita, yang oleh karena-Nya kita semua ditebus dari semua dosa yang kita miliki dan ada Roh Kudus, yang adalah Roh Karunia yang dalam-Nya kita semua diberkati.

Itulah iman kita sebagai seorang Katolik.  Kita percaya bahwa dalam Tiga pribadi Allah yaitu Bapa, Putra, dan Roh Kudus, memiliki kodrat yang satu sebagai Allah. Tiga pribadi Allah itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan.

             Allah Bapa yang mencipta, Allah Putra yang menebus, dan Allah Roh Kudus yang memelihara, membentuk hubungan yang erat antara ketiganya. Ketiganya membentuk relasi yang penuh cinta dan kesatuan yang akrab. Allah sendiri ingin menunjukan bahwa relasi cinta itu merupakan hal yang penting.

Relasi cinta inilah yang melahirkan aneka macam hal baik bagi kita yang ada di dunia. Relasi cinta-Nya kepada manusia ini nampak dalam karya penebusan. Di mana melalui Tiga pribadi itu, Allah mewahyukan Putra Tunggal-Nya untuk menebus kita dari segala dosa.

   Lalu apa yang bisa kita tindak lanjuti dalam merayakan hari raya Tritunggal Mahakudus ? Pertama, marilah di hari raya Tritunggal Mahakudus ini kita semua menghadap Tuhan. Dihadapan-Nya, kita semua menundukan kepala dan memohon rahmat iman.

Dengan rahmat iman itu, kita sedikit demi sedikit dimampukan untuk semakin memahami Allah Tritunggal Mahakudus. Semoga dengan penyerahan diri yang total kepada Allah, kerendahan hati dihadapan-Nya, dan dengan iman yang dianugerahkan kepada kita, dalam atau di masa yang akan datang, Tuhan akan memampukan kita untuk semakin memahami misteri Tritunggal Mahakudus.

Kedua, di hari raya Tritunggal Mahakudus ini, kita semua menjadi satu keluarga dalam iman yang saling membagikan cinta kasih dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Layaknya Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus yang adalah satu dalam relasi cinta, marilah juga kita semua sebagi satu keluarga terus membangun relasi cinta yang erat antara setiap anggota keluarga.

Di masa pandemi yang menjadikan kita memiliki banyak waktu di rumah, marilah kita gunakan kesempatan ini untuk membangun relasi cinta yang akrab dengan setiap anggota keluarga. Sehingga pada akhirnya, keluarga kita mampu hidup dalam relasi cinta yang erat antara satu dengan yang lainnya, layaknya relasi antara Tiga pribadi Allah yang saling melengkapi.  Hedwig Oktavian Rajahali Ama Ruing

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 5 =