Sambut HUT RI ke-73 FORMULA Kota Depok, Lakukan Bersih-Bersih Rumah Ibadah

DEPOK – Memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Forum Muda Lintas Agama (FORMULA) Kota Depok melakukan bersih-bersih rumah ibadah, diantaranya Musholla Al Farhan-Jalan Jati, Sawangan Baru, pada Sabtu, 4 Agustus 2018 dan GPIB Shalom-Jalan Kembang Lio, Kong Miao (Li Thang) Genta Kebajikan-Jalan Pitara, Gereja Katolik Santo Paulus Depok-Jalan Melati Depok Lama dilakukan pada 11 Agustus 2018 yang melibatkan kaum muda, para tokoh agama, perwakilan dari Dandim 0508 dan Polresta Depok.

Melalui kegiatan ini diharapkan terus meningkatkan rasa persatuan dan keasatuan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjadi ruang untuk semakin memperkokoh kerukunan antar umat beragama di Indonesia khususnya masyarakat Kota Depok, Jawa Barat.

Ustad Badrudin, selaku Koordinator FORMULA kepada suarajabarnews.com menuturkan kegiatan ini murni kegiatan sosial dalam mempererat hubungan silaturahmi dan kerjasama kaum muda lintas agama dan tidak ada unsur politik atau unsur-unsur lainnya.

“Saya rindu dan terus dilestarikan kegiatan-kegiatan seperti ini. Kita mengalir saja untuk meningkatkan toleransi dan kerjasama antara umat beragama di Kota Depok. Agar tidak sekadar slogan kita harus buktikan dengan kerja nyata. Dan saya pastika bahwa kegiatan seperti ini adalah murni kegiatan sosial dan tidak ada embel-embel lainnya termasuk unsur politik”, tegas Pengasuh Pondok Pesantren Al Karimiyah, Sabtu, (11/8/2018).

Hal yang sama juga disampaikan Eka Wijaya dari perwakilan Majelis Agama Konghucu Indonesia Depok. Menurut Eka, kegiatan seperti ini sangat baik untuk generasi muda, penerus bangsa Indonesia terkait dengan toleransi antar umat beragama. “Bagi kaum muda kerja bakti atau kegiatan lintas agama merupakan hal yang baik bagi generasi muda kita ke depan. Oleh karenanya harus kita tingkatkan dengan bentuk dan kegiatan yang berbeda”, ujarnya.

Ranap Sinaga, Sekum PGIS sekaligus pencetus dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa keberadaan FORMULA ada sekitar limas belas tahun yang lalu. Telah banyak kegiatan yang dilakukan. “Apabila kita melihat ada yang sudah senior dan tidak muda lagi hadir dalam kegiatan seperti ini, sebenarnya mereka adalah para pencetus atau pendiri. Mereka adalah orang-orang memiliki jiwa muda untuk terus berupaya membangun kebersamaan dan menciptakan kerukunan antar agama”, ujar Sinaga.
Sementara perwakilan Gereja Katolik, RP. Alfons Suhardi, OFM sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai wujud nyata dari toleransi antar umat beragama. Semoga dalam kegiatan selanjutnya dengan koordinasi yang lebih baik bisa melibatkan banyak peserta. “Ini hal yang positif yang harus terus kita lakukan kedepannya. Saling koordinasi agar pesertanya lebih banyak”, harapnya.

Kontributor : Darius L

Ustad Badrudin, Koordinator FORMULA Kota Depok
Ustad Badrudin, Koordinator FORMULA Kota Depok
Foto bersama usai kerja bakti di Gereja Katolik Santo Paulus Depok, Sabtu, (11/8/2018)
Foto bersama usai kerja bakti di Gereja Katolik Santo Paulus Depok, Sabtu, (11/8/2018)
Kegiatan Formula Depok di Musholla Al Farhan-Jalan Jati, Sawangan Baru, Sabtu (4/8/2018)
Kegiatan Formula Depok di Musholla Al Farhan-Jalan Jati, Sawangan Baru, Sabtu (4/8/2018)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =