Saatnya DPP-DKP Paroki St Paulus Depok Melangkah Bersama

Setelah menjalani rangkaian kegiatan Hari Orientasi Pastoral (HOPE) 2020, Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan Dewan Keuangan Paroki (DKP) Santo Paulus Depok mengukuhkan rencana kerja pastoral tahun 2020. Pengukuhan reksa pastoral tersebut disertai dengan komitmen seluruh perangkat DPP/DKP untuk melangkah bersama.

Pastor Paroki Santo Paulus RP. Anton Widarto, OFM mengatakan, kegiatan HOPE ini merupakan harapan yang positif dalam mengawali kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam membangun paroki ini menjadi lebih maju dan berkembang. “Saatnya sekarang kita maju dan berlangkah bersama untuk Paroki Santo Paulus yang lebih baik,” ujar dia.

Wakil Ketua DPP Sony Hernantyo menegaskan, pihaknya telah merangkum semua program yang diusulkan setiap Bidang dan Seksi. Untuk tahun 2020, ada 249 usulan kegiatan dengan estimasi biaya yang dibutuhkan sekitar Rp1,18 miliar.

Dia menambahkan, rangkaian kegiatan HOPE yang dilakukan dari tanggal 26 Januari 2020 hingga 09 Februari 2020 merupakan upaya untuk membudayakan penyusunan rencana kegiatan paroki dalam setahun, memberikan ruang bagi Bidang dan Seksi menyusun program dan kegiatan dari kebutuhan yang dirasakan umat dan paroki, dan memberikan gambaran terkait kebutuhan anggaran kegiatan tahunan.

Rencana program dan kegiatan tersebut juga berguna bagi DPP/DKP dalam melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan dan program, serta membudayakan prioritas kerja berdasarkan skala very urgent dan very important.

Wakil Ketua DKP Agus Witjaksono mengatakan, dibutuhkan spirit kemandirian dan inovasi kreatif dari pengurus pastoral agar dapat mengubah kegiatan-kegiatan pastoral dari cost center menjadi profit center. Bidang dan Seksi diharapkan dapat mengoptimalkan sumber-sumber pendanaan di luar keuangan paroki, sehingga setiap kegiatan dimungkinkan untuk surplus dan saling memberi subsidi untuk kegiatan-kegiatan rutin lainnya.

Seperti diketahui,  perangkat pastoral DPP/DKP Paroki Santo Paulus Depok periode 2020 – 2022 telah dikukuhkan dalam pelantikan oleh Sekretaris Keuskupan Bogor Rm Yustinus Monang pada Minggu (12/01) lalu. Setelah pengukuhan tersebut, DPP/DKP mengawali kerja pastoral dengan mengadakan rangkaian kegiatan HOPE, yakni sosialisasi modul dan materi yang menjadi acuan penyusunan program pada 26 Januari 2020, pleno usulan program pada 02 Februari 2020, pembekalan dari para narasumber pada 08 Februari 2020, serta pengukuhan program kerja pada 09 Februari 2020.

Pada hari terakhir, terbentuk juga Forum Ketua Wilayah dan Ketua Lingkungan yang akan menjadi paguyuban partisipatif Ketua Wilayah dan Ketua Lingkungan dalam memberikan masukan, kritik, usul dan saran yang membangun dalam kehidupan menggereja di paroki ini ke depan. (AY)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =