Roti St Antonius, Setahun Mendaraskan Berkat kepada Kaum Marjinal

Kasih dan bela rasa yang berurat nadi dari kepedulian akan sesama dalam bentuk kegiatan “Roti St Antonius” tak terasa sudah berjalan satu tahun mewarnai Paroki St. Paulus Depok. Kegiatan ini digawangi oleh alumni KEP yang tergabung dalam Glory Emaus (Alumni KEP) ini dimulai sejak Maret 2019.

Diawali dengan pemberian nasi bungkus kepada warga sekitar Paroki, di antaranya tukang becak, pemulung, tukang bangunan, tukang sampah dan banyak lagi saudara kita yang ditemui di sepanjang jalan seputar Depok yg terlihat kurang mampu.

Dari hanya sekedar saweran dari satu angkatan, menjadi gerakan bersama seluruh angkatan Glory Emaus yang sudah mencapai 400-an alumni. Kegiatan Roti St Antonius ini seolah memberi warna tersendiri yang hadir di gereja Katolik St Paulus Depok.

Pada Oktober 2019, komunitas ini memberikan bingkisan paket sembako. Kala itu ada kerinduan untuk membagikan paket sembako kepada umat Paroki, maka digalanglah dana dari saweran kasih anggotanya. Hasilnya, terkumpul  50 paket sembako lalu disebarkan kepada 12 petugas gereja dan 38 umat katolik Paroki St. Paulus yang berada di 18 wilayah. Kala itu,  RP Alferinus Gregorius Pontus OFM yang memberkati dan memberikan paket sembako secara simbolis kepada petugas gereja. Dalam kesempatan itu, Rm Goris menyampaikan rasa bangganya kepada komunitas Glory Emaus yang selama ini dengan tidak banyak bersuara telah secara rutinmemberikan perhatian kepada warga sekitar gereja.

Saat ini kegiatan tersebut dilakukan setiap hari Sabtu di minggu pertama di halaman parkir Gedung St Yohanes Paulus II yang terletak di Jl. Melati Depok. Tak hanya berupa nasi untuk sarapan, saat ini Roti St Antonius juga memberikan sembako dan baju bekas layak pakai  yang dikumpulkan oleh alumni KEP tersebut.

Wajah – wajah gembira dan penuh syukur warga yang mendapatkan sarapan gratis dan natura tersebut, seakan menjadi bahan bakar bagi para donatur untuk terus menyalurkan donasinya dalam kegiatan ini.

Pada Maret 2020 dilakukan kegiatan pembagian sembako kepada 150 warga sekitar gereja. Pastor Paroki St Paulus Depok yang baru RP Anton Widarto OFM menyampaikan biarlah berkat kasih yang disalurkan ini terus dapat dirasakan oleh warga sekitar gereja.

Ketua Glory Emaus Michael Eden Perangin Angin dalam kesempatan berdiskusi dengan Romo Anton, menyampaikan ada keinginan untuk melakukan pembagian sarapan dan sembako gratis setiap Sabtu pagi di halaman gereja. Namun hingga saat terbentur dana donasi yang hanya didapatkan dari partisipasi alumni KEP, juga terkendala kesiapan alumni Glory Emaus. Romo Anton berharap Glory Emaus bisa terus menjalankan aksi ini  tanpa kenal lelah. Romo Anton ini juga menyampaikan dukungannya agar kegiatan ini terus berjalan..

Pembagian soto untuk sarapan pagi warga sekitar gereja

Dengan dukungan Romo Anton ini, Glory Emaus bertekad mewujudkan pewartaan kabar baik yang dapat terus diwujudkan dari hal hal sederhana secara kontinyu, sekaligus mewujudkan dan menyatakan kasih Allah dengan sentuhan nyata.

Semoga dengan semangat Paskah ini, semakin banyak lagi yang tergerak untuk turut ambil bagian dalam kegiatan berbagi sarapan dan sembako gratis ini. (IK)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − six =