Retreat dan Pelatihan Pemazmur St. Paulus Depok

Rizen Resort , 03-04 Agustus 2019

Sudah menjadi program dari kelompok pemazmur untuk setahun sekali mengadakan pelatihan bagi semua anggotanya, baik yang baru ataupun yg lama. Hal ini untuk menjaga dan meningkatkan kualitas juga menyegarkan kembali semangat pelayanan dari semua anggota pemazmur.

Dan biasanya acara pelatihan itu diselenggarakan di gereja saja atau paling jauh di Transitus. Nah untuk tahun ini agak berbeda, yakni dengan dibentuk panitia khusus yang beranggotakan pemazmur-pemazmur muda dan dikomandoi oleh Gardis. Tempat acara diadakan di luar daerah Depok , tepatnya di daerah Gunung Geulis Sentul , Jawa Barat. Untuk waktunya diambil hari Sabtu Minggu 03-04 Agust 2019 menginap semalam, dengan harapan pelatihan lebih efektif dan menyeluruh untuk semua anggota pemazmur. Juga bisa menjadi ajang keakraban dan pengenalan lebih jauh antar sesama anggota. Meskipun harus menginap, antusias dan minat anggota pemazmur cukup besar untuk ikut dalam kegiatan ini. Tercatat ada 40 orang anggota ikut dalam kegiatan ini (anggota pemazmur ada 47 orang).

Retreat dan pelatihan pemazmur tahun ini bertema : We Serve Our Lord Better yang selanjutnya disingkat “We Serve Better“ dan menjadi slogan penyemangat selama rangkaian kegiatan berlangsung.

Kami berangkat dari gereja dengan konvoi 8 mobil pribadi pada Sabtu siang pukul 11.00 WIB dengan rute jalan biasa. Setelah menempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan (ternyata meski sudah lewat jalur alternatifpun masih tersendat juga – maklum akhir pekan). Rombongan sampai di lokasi kira-kira pukul 12.30 WIB dan langsung disambut oleh panitia yang sudah terlebih dahulu berangkat ke lokasi. Setelah istirahat dan makan siang bersama, acara dibuka dengan ice breaking dan quiz. Setelah itu lanjut persiapan untuk acara pokok yakni pelatihan dan praktek dalam membawakan nyanyian mazmur.

Untuk pembicara kali ini kami mengundang praktisi musik khususnya spesialisasi nyanyian mazmur yakni Bp. Henry Sucipto. Beliau sangat mumpuni dalam bidangnya dan sering diundang dalam pelatihan-pelatihan seperti ini.

Sesi Materi Pelatihan:

Sesi pertama adalah pengantar tentang nyanyian mazmur : arti mazmur , sejarah mazmur, makna liturgis dan pastoral mazmur , fungsi nynayian mazmur.

Sesi kedua tentang pemazmur : fungsi pemazmur di dalam misa , syarat menjadi pemazmur, kinerja pemazmur yang termasuk di dalamnya adalah tentang penjiwaan dalam membawakan nyanyian mazmur. Yang menarik di sesi ini adalah pengucapan “Janji Pemazmur “ oleh seluruh peserta, yang membuat para anggota pemazmur sungguh terharu dan sadar akan tugas tanggung jawabnya sebagai seorang pemazmur meskipun berat tapi sungguh mulia karena punya peran membantu umat dalam menghayati sabda Tuhan.

Sesi ketiga tentang membawakan nyanyian mazmur : pemazmur diharapkan tahu dan bisa menjiwai nyanyian mazmur yg akan dibawakan itu , apakah berbentuk permohonan, penegasan, pujian dll., juga tentang persiapan-persiapan sebelum bertugas : persiapan mental spiritual, persiapan teknis, latihan bersama unsur terkait , menjaga kesehatan dst.

Persiapan-persiapan disini termasuk tentang unsur-unsur teknis (intonasi, tempo, dinamika dll.) juga sikap/posisi pemazmur setelah berada di mimbar.

Sesi keempat : dibahas tentang teknik vocal dasar pemazmur yakni tentang interprestasi, penjiwaan, resonansi suara, produksi vocal, pernafasan dan passion pemazmur.

Di sesi ini peserta dipersilakan untuk praktek vocal/coaching pribadi. Peserta diminta satu persatu maju ke depan untuk mempraktekan nyanyian mazmur yang sudah dipersiapkan.

Bisa dikatakan sesi ini adalah puncak dari pelatihan karena setelah peserta mempraktekkan secara langsung dihadapan pembicara, jadi tahu kekurangan-kekurangan yang ada sewaktu tugas selama ini, dan selanjutnya oleh pembicara diberikan cara-cara untuk memperbaikinya.

Itulah 4 sesi penyampaian materi sebagai pokok acara Retreat Pelatihan Pemazmur ini. Meskipun durasi waktunya cukup lama hampir 8 jam (pukul 13.00 – 22.00 WIB) tetap saja masih terasa kurang dan meskipun durasi pelatihan lama, peserta tetap antusias berperan aktif di semua sesi dan setia bertahan sampai sesi terakhir. Tidak mengherankan karena materi yang sungguh aktual dan penyampaian yang apik dan tidak membosankan dan sangat jelas diterima oleh semua peserta.

Setelah acara yang berat penyampaian materi berakhir, dilanjutkan dengan acara malam keakraban penyalaan api unggun. Dan setelah acara api unggun selesai peserta diminta untuk segera istirahat untuk persiapan acara keesokan harinya,

Di hari kedua acara sudah tidak berat-berat lagi, olah raga pagi bersama, permainan-permainan yang membutuhkan kekompakan peserta, kuis dan yang tidak kalah penting adalah evaluasi pelayanan kelompok pemazmur selama 1 tahun ini dan rencana program selanjutnya. Dalam evaluasi ini disampaikan kendala dalam tugas dan cara pemecahannya, ide dan usulan baru bagi perbaikan untuk pelayanan pemazmur yang lebih baik lagi.

Rangkaian kegiatan selama 2 hari ini ditutup dengan misa yang dipimpin oleh Romo Bertho selaku pendamping liturgi paroki. Dalam homilinya, Romo Bertho menekankan kembali pentingnya peran pemazmur dalam misa, sehingga diharapkan para pemazmur bisa lebih baik lagi dalam tugas pelayananya yang pada akhirnya membantu umat dalam menghayati ekaristi.

Romo Bertho juga menyampaikan terima kasih atas pelayanan pemazmur yang baik di paroki St Paulus Depok selama ini. Setelah misa selesai peserta dipersilakan untuk berkemas dan setelah foto bersama, dilanjutkan untuk persiapan pulang kembali ke Depok.

Kami bersyukur bahwa semua acara berlangsung dengan lancar dan sungguh bermanfaat bagi kami kelompok pemazmur. Terima kasih untuk Panitia (Gardis, dkk.) , team acara yang dikoordinir oleh Dina, ko Hennry sebaga pembicara dan secara khusus kami ucapkan terima kasih kepada seluruh umat paroki Santo Paulus Depok yang telah mendukung kegiatan kami dengan doa dan dana sehingga Retreat dan Pelatihan pemazmur ini bisa terlaksana.

Kami kelompok pemazmur St Paulus Depok sesuai slogan : “We Serve Better “ akan berusaha melayani sebagai pemazmur lebih baik lagi.

( andreasdjuari – koord pemazmur )








Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =