Renungan Hari Raya Tritunggal Mahakudus

HR TRITUNGGAL MAHAKUDUS
Yoh 16:12-15

” la tidak akan berkata – kata dari diri – Nya sendiri , tetapi segala sesuatu yang didengar – Nya itulah yang akan dikatakan – Nya , dan la akan memberitakan kepadamu hal – hal yang akan datang la akan memuliakan Aku, sebab la akan memberitakan kepadamu apa yang diterima – Nya dari Aku ( ay 13c – 14 ).
Dalam ucapan Yesus ini terdapat dua penegasan :
1. Roh Kebenaran akan berperan sebagai penerus, bukan sebagai sumber. Sumber ‘kata – kata – Nya’ tetaplah Bapa dan Yesus sendiri.
Roh Kebenaran adalah Dia yang memulai peranan – Nya yang amat khas baru setelah Yesus dibangkitkan dan dimuliakan oleh Bapa . Dalam arti inilah Dia itu penerus dan utusan.

2. Roh Kebenaran akan memberitakan hal – hal yang akan datang.
Roh Kebenaran bukan Roh peramal melainkan Roh pemberita. Selama hidup di bumi ini , manusia terus menerus mengalami dunia yang berubah – ubah. Bagaimana ia seharusnya menghadapi dunia yang serba membingungkan itu? la harus menghadapinya dalam kerja sama dengan Roh Kudus.
Sengsara , kematian , kebangkitan dan kenaikan Yesus bukan hanya peristiwa masa lampau . Paskah Kristus itu berdampak aktual bagi seluruh dunia sepanjang masa .
Kepada manusia yang terbuka atas karya – Nya , Roh itu memberitakan makna sejarah menurut hati Yesus . Lalu terjadilah sesuatu yang menakjubkan ! Seluruh sejarah dunia tampak sebagai suatu rencana Allah yang mahasempurna . Semua peristiwa tiba – tiba menjadi terang – benderang maknanya .
Inilah misi Roh Kebenaran ! Maka tidak mengherankan bahwa Roh Kebenaran sesungguhnya memuliakan Yesus.
Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang terbuka pada karya Roh Kudus itu.
Selamat Hari Raya Tritunggal Maha Kudus
Tuhan memberkati

 

RP. Agustinus Anton Widarto, OFM

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 5 =