Quo Vadis, Lektor St Paulus Depok?

Pada hari Minggu, (8/3/2020), kelompok Lektor Paroki St. Paulus Depok mengadakan pertemuan awal tahun di ruang Lukas Gedung Yohanes Paulus II. Acara tersebut sekaligus merupakan pertemuan perdana di era kepengurusan baru, dengan Veronika Sandra Wanti dan MMS Wahyu Nugraningsih sebagai koordinatornya. Selain anggota aktif yang berjumlah sekitar 30 orang, hadir pula beberapa calon anggota Lektor yang baru terpanggil untuk bergabung.

“Lektor berasal dari bahasa Latin lector-oris  yang mengandung pengertian pembaca atau yang membacakan,”demikian RP Agustinus Anton Widarto, OFM mengawali sambutannya dalam pertemuan tersebut.

“Sebagai pembaca Sabda Tuhan, ada kebanggaan dan sukacita ketika lektor membacakan Kitab Suci. Kita berjumpa dengan Tuhan dalam sabda yang didengar dan sakramen yang diterima. Oleh sebab itu, lektor perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sehingga umat dapat merasakan sapaan Tuhan melalui Sabda yang dibacakan,” lanjutnya.

Bersama Romo Paroki juga hadir perangkat DPP-DKP periode 2020-2022 yaitu bapak Indra Kariadi (Koordinator Bidang Pembinaan Iman), dan bapak Andreas Djuari (Ketua Seksi LIturgi). Dalam sambutannya, mereka berkenan memberikan apresiasi, support dan harapan-harapannya agar para anggota kelompok Lektor yang selama ini telah meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya dapat melayani umat di paroki St. Paulus dengan lebih baik lagi.

Pertemuan diawali dengan perkenalan para pengurus baru dan pengantar singkat tentang ke arah mana kelompok Lektor St. Paulus ini akan dibawa. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sosialisasi program kerja dan persiapan tugas-tugas Pekan Suci. Sebagai bagian dari Seksi Liturgi Paroki, tentu saja program kerja kelompok Lektor disusun berdasarkan prioritas rencana kerja Seksi Liturgi, yaitu: pendidikan dan pelatihan, kaderisasi dan katekese umat.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, anggota kelompok Lektor akan mengikuti berbagai latihan, baik  yang bersifat rutin maupun temporer. Materi latihan disesuaikan dengan kebutuhan, dan jika diperlukan akan mendatangkan pelatih yang kompeten baik dari dalam maupun luar paroki. Dalam persiapan tugas-tugas Pekan Suci juga telah diagendakan untuk berlatih dalam kelompok-kelompok kecil sehingga sesama Lektor dapat saling membantu dan berbagi ilmu.

Regenerasi dan kaderisasi telah dimulai dengan merekrut pengurus baru yang sebagian masih berusia muda. Penjadwalan lektor OMK dalam tugas misa hari Minggu maupun Hari Raya porsinya diperbesar agar semakin terlatih untuk bertugas dalam berbagai perayaan. Selain itu, dalam perayaan-perayaan khusus di antaranya Paskah, Natal, HUP, HUT Paroki, pengurus Lektor akan bekerja sama dengan panitia perayaan untuk merekrut komentator dan petugas lainnya (seperti Pasio Baca dalam perayaan Minggu Palma) dari wilayah-wilayah untuk melibatkan sebanyak mungkin umat dalam pelayanan di sekitar altar.

Secara keseluruhan, pertemuan berlangsung dengan lancar dalam suasana yang akrab dan kekeluargaan. Selain sosialisasi program kerja, acara juga dimeriahkan dengan berbagi cerita dan pesan-kesan dari para anggota. Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan berbagai saran dan harapan untuk memperbaiki kinerja di waktu yang akan datang. Dengan semangat berjalan bersama, kelompok Lektor St. Paulus siap meningkatkan diri untuk pelayanan yang lebih baik lagi.  (Lolek – Ayu)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − 2 =