Pesta Pembaptisan Tuhan – 13 Januari 2019

Salam damai sejahtera bagimu!

Melalui pembabtisan kita menjadi anggota Gereja dan diangkat menjadi anak-anak Allah. Sakramen babtis termasuk sakramen inisiasi yang diterima hanya satu kali saja. Kita dibabtis dengan air dan dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus.

Setelah babtis kita mempunyai jaminan keselamatan karena Kristus, artinya kita diselamatkan bukan karena perbuatan baik yang kita lakukan, melainkan karena belas kasih Kristus. Jadi sebagai umat Kristiani tidak cukup hanya perbuatan baik saja, melainkan juga mengimani rahmat Allah yang bekerja dalam diri kita.

Saat Yesus dibabtis keluar suara dari surga, “Engkaulah anakku yanf kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.” Melalui babtisan, secara manusiawi diubah Allah menjadi rohani karena rahmat Allah bekerja dalam diri Yesus dan Yohanes. Kita sebagai anggota Gereja senantiasa diingatkan babtis kita, agar kita semakin hari hidup seturut kehendak Allah, yaitu hidup menyerupai Kristus, “imitatio christi”.

Kadang orang merasa bangga dibabtis dan menjadi anggota Gereja tetapi hidup tidak berubah, karena merasa yakin sudah diselamatkan. Keselamatan terjadi bila kita berusaha berbuat baik dan rahmat Allah bekerja atas diri kita, yang manusiawi diubah Allah menjadi yang surgawi. Semoga melalui babtisan hidup kita berkenan pada Allah, sehingga kita menjadi anakNya yang dikasihiNya. 🙏🏿❤😇

Selamat merenungkan.

Alex Dedy Suprapto OFM

 

Berita dan Artikel Lainnya