Pembukaan Pesta Nama St. Paulus 2018 Digelar dalam Damai

Pesta nama tahun 2018 ini digawangi oleh Wilayah St. Thomas Aquinas, Wilayah St. Kristoforus, OMK Paroki dan Kelompok Kategorial  Priskat dengan mengangkat tema besar “Meneladani Spiritualitas Santo Paulus pada Zaman Now.” Rangkaian kegiatan disusun untuk membawa umat lebih mengenal Santo Paulus sebagai pelindung Paroki. Setelah menghadapi berbagai kekuatiran akhirnya Pembukaan rangkaian perayaan pesta nama Santo Paulus Depok digelar pada hari Sabtu, 26 Mei.

Jalan Santai

Yustinus Noventis Apregar, sebagai Ketua Panitia sangat bersyukur akhir rencana Panitia menggelar Jalan Santai dapat terlaksana, “Secara pribadi pelaksanaan pembukaan pesta nama membuat saya merasa sangat bersyukur karna ternyata umat banyak yang ikut ambil bagian. Saya sesungguhnya khawatir dengan tingkat partisipasi karena undangan yang mepet dan banyaknya ancaman-ancaman keamanan yang marak terjadi saat ini. Masukan DPP-DKP tidak banyak menurunkan niat panitia untuk melaksanakan acara ini karena kami yakin, koordinasi kami dengan pihak keamanan sudah terjalin. Memang sedikit kecewa karena rutenya dipotong, tapi saya kira games (permainan) dari tim OMK cukup untuk memberi kesan dalam acara pembukaan dimana melalui games, keakraban tiap wilayah semakin ditingkatkan”, ungkap Tino.

 

Dukungan dari Binmas dan Babinsa bekerjasama dengan Seksi keamanan Paroki dan Panitia dari Wilayah Thomas Aquinas dan Wilayah Kristoforus sangat membantu pelaksanaan acara jalan santai. Menurut Bapak Fidelis Kristianto dari Sie, pihak keamanan baik dari Babinsa pun Binmas menyatakan siap mengamankan acara pesta nama paroki St. Paulus sampai tuntas. “Keamanan dari Binmas dikoordinatori oleh Bapak Sarpin  dan dari Babinsa dikoordinatori oleh Bapak Suwarno akan membantu Panitia mengamankan perhelatan pesta nama dari pembukaan sampai puncak acara tanggal 1 Juli nanti”, katanya.

 

Acara jalan sehat yang dimulai pukul 06.00 diawali dengan senam doa yang dipandu oleh Ibu Christina Martilah atau Ibu Sutarman bersama Kelompok Lansia. Ternyata doa Aku Percaya, Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan dapat didoakan sambil melakukan gerakan senam sederhana yang memfokuskan pada pernapasan.

Dalam peresmian pembukaan perayaan pesta nama tahun ini dengan melepas burung merpati dan burung gereja oleh Pastor Paroki, Pater Alforinus Gregorius Pontus, OFM, Pater Bartolomeus Djandu, OFM, dan dari DPP Bapak Antonius Wibisono dan Bapak Aline Subiyanto. Tujuh belas (17) wilayah turut ambil bagian dalam jalan santai ini. Setelah jalan santai dilanjutkan dengan senam massal dan pengundian door prize. Ditutup dengan pertandingan persahabatan Bola Volley antara Pastor Paroki dan DPP melawan Ketua -ketua Wilayah.

Volleyball

Minggu, 27 Mei 2018 Kegiatan Pesta Nama dilanjutkan dengan Pertandingan Bola Volley Putra bertempat di Lapangan Olah raga Sekolah Mardiyuana. Dari 4 pertandingan yang direncanakan hanya dilaksanakan 2 pertandingan yaitu Wilayah St. Bonaventura melawan Wilayah St. Norbertus yang dimenangkan oleh Wilayah St. Bonaventura dan  Wilayah St. Elisabeth melawan Wilayah St. Brigita. Wilayah Ignatius Loyola menang WO karena wilayah Cecilia pemain yang datang kurang dari lima orang. Sedangkan Pertandingan Wilayah St. Laurensius melawan Wilayah St. Mikael digelar pada hari Selasa dan dimenangkan oleh Wilayah Laurensius.

 

Hasil pertandingan pada hari Selasa:

St. Agustinus VS St.Maria Magdalena dimenangkan oleh St. Agustinus

St. Yoseph VS St. Alfonsus dimenangkan oleh St. Alfonsus

St. Gregorius VS St. Agatha dimenangkan oleh St. Agatha

St. Fransiskus Asisi VS St. Stefanus dimenangkan oleh St. Fransiskus Asisi.

Pertandingan selanjutnya diadakan pada hari Jumat, 1 Juni 2018 mulai pukul 13.30

 

 

Untuk mendalami pemahaman dan spiritualitas Santo Paulus yang dihayati oleh umat paroki St. Paulus, Panitia menggelar proyek membuat buku kumpulan tulisan dari umat mengenai Santo Paulus. Berbagai bentuk tulisan diterima oleh panitia,dalam bentuk puisi, renungan, doa atau buah pikiran umat mengenai Santo Paulus. Sejak awal Mei sudah dimulai pengumpulan tulisan dan ditutup pada Minggu, 27 Mei lalu. Kita tunggu dan nantikan terbitnya buku tersebut.

 

Ada banyak lagi kegiatan yang digelar untuk memeriahkan pesta nama tahun ini, diantaranya Sarasehan Wilayah dilakukan di Wilayah dengan suasana santai berdiskusi tentang Santo Paulus dan juga nonton bareng Film tentang Santo Paulus. Kreatifitas dari umat diharapkan akan muncul dalam lomba Creative Performance untuk itu panitia menunggu bakat-bakat dari wilayah untuk menampilkan kreatifitasnya dalam menghayati spiritualitas Santo Paulus.(Helen-ber)

Berita dan Artikel Lainnya