Pekan Kedua Misa di Masa New Normal, Jumlah Umat yang Hadir Naik 25%

Setelah misa kembali dirayakan di masa New Normal, kehadiran umat di Gereja Katolik Santo Paulus Depok naik signifikan sekitar 25% pada akhir pekan ini dibandingkan pada misa New Normal pada akhir pekan lalu.

“Sampai dengan pagi ini, 18 wilayah telah memasukkan daftar umat yang akan merayakan misa pada masa New Normal akhir pekan ini. Total umat yang akan merayakan misa dari Sabtu Sore hingga Minggu Sore sebanyak 631 orang atau naik dari jumlah sebelumnya sekitar 507 orang,” ujar Wakil DPP I Georgius Sony Hernantyo.

Seperti diketahui, total kuota bangku yang disediakan untuk misa pada masa New Normal di paroki Santo Paulus Depok sebanyak 720 orang. Kehadiran 631 umat pada misa akhir pekan ini bakal menggunakan hampir 100% dari kuota yang ditetapkan.

Pastor Paroki Gereja Katolik Santo Paulus Depok Pater Agustinus Anton Widarto, OFM mengatakan, bersama seluruh perangkat pastoral, pihaknya melakukan pemantauan intensif terkait pelaksanaan misa New Normal perdana pada akhir pekan lalu. Evaluasi dilakukan terutama pada aspek pelaksanaan protokol Covid-19, ketertiban dan kedisiplinan umat, dan kesiapan serta pelayanan petugas liturgi selama perayaan.

Beberapa catatan untuk perbaikan pelaksanaan misa New Normal berikut, antara lain kedisiplinan petugas tatib untuk selalu mengecek kartu pas umat, kedisiplinan umat terkait kedatangan 1 jam sebelum jadwal misa dilaksanakan, ketaatan umat terkait imbauan bagi yang belum dapat mengikuti misa, seperti batas usia dan risiko bagi ibu hamil, termasuk tidak menciptakan kerumunan setelah selesai misa.

“Kami terus mengimbau umat untuk selalu taat dan berdisiplin dengan persyaratan, ketentuan, dan protokol yang sudah ditetapkan sehingga misa di masa New Normal ini berlangsung lancar, aman, dan nyaman bagi semua pihak,” tegas Pater Anton.

Terkait kerja sama pengawasan dengan Gugus Tugas Covid-19, Sony menambahkan, paroki telah memberikan laporan pelaksanaan misa perdana di masa New Normal pada pekan lalu. Laporan tersebut diterima Ketua Gugus Tugas Kecamatan Pancoran Mas dan diteruskan kepada Ketua Gugus Tugas Kota Depok.

Gugus Tugas Kecamatan Pancoran Mas mengapresiasi pelaksanaan misa perdana di masa New Normal yang dilakukan paroki Santo Paulus Depok yang secara umum berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.(AY)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − eleven =