Menghadirkan Yesus Kreatif dalam Presentasi Inspiratif

“Steve Jobs, seorang yang selalu ditunggu untuk presentasi. Kata-katanya singkat tapi penuh kekuatan. Pesannya tegas, mengena dengan dukungan gambar-gambar di layar. Padahal, ia “hanya” menggunakan program Power Point”. Demikianlah salah satu narasi dari Pak Eko Napitupulu di hadapan para novis OFM pada Sabtu, 14 Maret 2020. Hari ini, Pak Eko, seorang dosen Ilmu Komunikasi di sebuah kampus swasta ini diundang ke Novisiat untuk membagikan ilmunya dalam program Workshop Presentasi Kreatif.  

Dengan mengambil tema “Menghadirkan Yesus Kreatif dalam Presentasi Inspiratif”, workshop dibagi menjadi 3 sesi. Pada sesi pertama, para novis diajak untuk belajar dari 2 tokoh besar public speaking yaitu Yesus dan Steve Jobs. Yesus adalah seorang public speaker yang hebat. Ia sangat kreatif menggunakan berbagaimacam sarana yang ada supaya pesannya mudah ditangkap oleh para pendengar. Apa yang dilakukan Yesus, banyak menjadi inspirasi bagi teori-teori public speaking modern. Pada sesi kedua, para novis diajak untuk peka pada khazanah literasi Gereja dan Pujangga-Pujangganya serta peka pada nilai humaniora di media massa dan media sosial. Di sesi ini, Pak Eko mengajak para novis untuk praktik. Masing-masing novis diminta untuk, dalam waktu kurang dari 2 menit, mempresentasikan topik tertentu.

Para novis langsung melakukan praktik membuat meteri presentasi

 

Sesi ketiga adalah sesi yang ditunggu-tunggu oleh para novis. Pada sesi yang diberi judul “Tatkala Sabda Sudah Menjadi APPS” ini, Pak Eko memperkenalkan 3 program yang bisa digunakan untuk mendukung sebuah presentasi. Program Canva dan Prezi yang berbasis online diperkenalkan secara singkat. Selanjutnya, para novis diajak untuk mengenal dan mendalami program Power Point. Setelah pengantar dan perkenalan tips-tips dari program ini, para novis dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mempersiapkan materi presentasi dengan program Power Point. Pada akhirnya, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.

Novis-novis OFM sangat bersyukur bisa mengalami workshop ini. Benar bahwa sebagian dari mereka sudah mengenal Power Point secara otodidak. Nah, melalui kegiatan ini, mereka semakin memahami tips dan triknya untuk mempersiapkan materi presentasi yang kreatif dan inspiratif. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.30 dan berakhir pukul 15.00 ini berlangsung dengan lancar, juga berkat kerjasama dengan Tim Purisbang Paroki St. Paulus Depok. (Oki OFM)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five − four =