Mendalami Teks Kitab Suci Dibulan Kitab Suci

Sebagaimana biasanya pada setiap bulan September Gereja menyediakan ruang dan waktu untuk bergiat dalam pendalaman Kitab Suci melalui membaca, sharing dan rencana aksi yang sesuai dengan Tema pada setiap materi yang diharingkan.

Tentu Gereja memiliki tujuan bukan sekedar menghormati ‘buku suci’ itu, tetapi juga agar umat terus menjadikan KS sebagai salah satu sumber iman yang memperteguh keyakinan sebagai umat Tuhan dan pengikut Yesus. Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) adalah cara lain yang lebih mendalam dalam upayah ‘mengumatkan Kitab Suci’ agar lebih jelas dan tegas memahami teks dan konteksnya secara pribadi agar mampu menghayati dan mengamalkan secara tepat dalam keseharian hidup.

Paroki St. Paulus Depok salah satu paroki yang sangat serius dan fokus menjalankan misi kerasulan kitab suci ini demi menguatkan iman umat parokinya. Diharapkan setiap umat yang telah dibekali pemahaman tersebut mampu dan bersedia menduplikasikan pengetahuan tersebut kepada umat lainnya agar menjadi semakin luas menjangkau semua orang.

Tidak semua orang dari wilayah dan lingkungan yang terlibat dalam proses memiliki cerita dan pengalaman yang sama dalam proses pendalaman tersebut. Banyak ceita menarik tentang ‘kebingungan’ dalam memahami korelasi antara tema dan teks KS yang disajikan karena mereka berusaha memahami secara nalar logis. Walau kitab suci sebagai kitab iman yang musti dipahami secara iman, tetapi tetap masuk melalui ‘pintu nalar’ maka idak bisa tidak korelasi antara teks dan tema mutlak perlu. Semoga ruang dan waktu yang disediakan Gereja bermakna dan berbuah ganda bagi perkembangan Gereja. (ben)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 3 =