Kebangkitan Yesus Nyata di Paroki St Paulus

ADA yang sangat berbeda di Paroki St Paulus Depok pada hari Sabtu dan Minggu (23-24/4/2022). Gereja St Paulus (GSP) dan Gedung Yohanes Paulus II (GYP) terlihat begitu meriah, sepekan setelah Perayaan Pekan Suci. Sesuatu yang tidak terlihat dalam dua tahun terakhir, semenjak pandemi Covid-19 merebak.

Bagi Gembala Paroki St Paulus Depok, Romo Agustinus Anton Widarto, ini adalah kali pertama melihat kemeriahan di paroki sejak menggantikan Romo Alforinus Gregorius Pontus OFM pada Oktober 2020 lalu. Pasalnya baru beberapa bulan menjalani tugasnya sebagai Gembala, Romo Anton dihadapkan pada situasi pelik: pandemi Covid-19.

Berdasarkan instruksi Keuskupan Bogor, Romo Anton dengan berat hati menutup gereja dan perayaan Ekaristi dilakukan secara online. Tidak aneh jika Romo Anton merasa bungah, ketika melihat umatnya kembali ke gereja.

Umat tidak perlu lagi mendaftar untuk mengikuti perayaaan Ekaristi. Komuni bathuk alias berkat anak juga dilaksanakan lagi.

“Tidak mudah ketika memutuskan gereja harus lockdown di masa merebaknya Covid-19 dan umat harus merayakan komuni batin di rumah masing-masing.

Namun pekan ini kebangkitan Yesus terasa sangat nyata di paroki kita. Umat sudah mulai beraktifitas di gereja meski harus tetap menjalankan prokes, memakai masker,” kata Romo Anton.

Romo Anton bersama penyandang disabilitas

“Semoga semua yang hal baik yang sudah kita laksanakan berkenan pada Tuhan dan boleh kembali kepada kita dalam semua berkat yang kita butuhkan untuk hidup keluarga, menggereja dan bermasyarakat yang makin baik dari hari ke hari,” tutur Romo Anton.

Pada Sabtu (23/4/2022) di GSP untuk pertama kalinya dilakukan perayaan Kebangkitan Tuhan Yesus bersama dengan saudara-saudari kita penyandang disabilitas. Misa ini tergelar berkat kerja sama paroki dengan Kumpulan Orang Mau Pelajari Ajaran Kristus (KOMPAK).

Kelompok inilah yang mendampingi umat berkebutuhan khusus dan telah melayani di Paroki St Paulus Depok menjadi interpreter dengan mengunakan bahasa isyarat.

Misa diikuti oleh sekitar 150 penyandang disabilitas dari paroki se-Dekanat Utara dan sebagian dari Jakarta. Misa dipimpin oleh Romo Anton. Wajah gembira, sukacita dan haru menjadi satu dalam perayaan itu.

Gebyar Paskah 2022

Pada hari yang sama, di GYP digelar pemberian vaksin booster, hasil kerja sama paroki dengan Kepolisan Kota Depok. Di gedung yang sama namun di ruang berbeda, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang St Paulus Depok memperingati Hari Kartini dengan menggelar beberapa lomba. Tema yang diusung adalah “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Peran Wanita dalam Keluarga, Gereja, dan Sesama.”

Pada hari Minggu (24/4/2022), banyak umat yang hadir merayakan Ekaristi. Teristimewa misa pukul 10.00 WIB yang dikhususkan untuk Misa Paskah OMK dengan mengundang OMK se-Dekanat Utara.

Pada jam yang sama, di GYP digelar pengundian kupon DoorPas, lomba hias telur hias dan Gebyar Paskah. Kali yang punya gawe adalah Panitia Paskah 2022 yaitu Wilayah Agustinus dan Wilayah Stefanus.

Paskahan Kaum Muda se-Dekanat Utara di Gedung GYP II

Berhenti? Blom. Pada malam hari digelar acara Perayaan Paskah Kaum Muda di Lantai 3 GYP. Fun games, live music, stand up comedy, dan pembagian door prize menjadi menu utama  acara yang dikemas dalam tema Pas Buat Kamu atau Paskahan Bersama Kaum Muda. Meriah? Sudah pasti!!!  erjebe

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + twenty =