Iman Katolik di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang merebak sejak Maret lalu membuat umat manusia harus meredefinisi tata kehidupan, termasuk dalam kehidupan rohani.

Umat katolik yang biasa memenuhi gereja setiap hari Sabtu dan Minggu, kini harus duduk di rumah mengikuti perayaan Ekaristi melalui  live streaming.

Hal tersebut juga dialami umat Paroki St Paulus Kota Depok yang harus menerima komuni batin setiap pekan. Sempat terbersit harapan ketika RP Agustinus Anton Widarto OFM, dengan seizin otoritas pemerintah Kota Depok, kembali membuka misa secara normal meski dalam skala yang sangat terbatas. Namun kasus Covid-19, yang meledak di dua pekan terakhir, memaksa gereja harus kembali menyelanggarakan misa secara live streaming.

“DPP, DKP, dan Romo telah melakukan pertemuan untuk menyikapi situasi terakhir. Dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari umat, Romo memutuskan untuk menunda kembali penyelenggaraan misa umat terbatas, sampai ada keputusan lebih lanjut,” kata Wakil Ketua DPP I Goergius Sony Hernantyo .

Ada kekhatiran di kalangan umat, pandemi Covid pada saatnya nanti akan mendegradasi kualitas iman kita. Umat dikhawatirkan masuk dalam zona nyaman misa yang dilakukan secara live streaming. Di sisi lain, sejumlah aktivitas karya pelayanan pastoral terhenti.

Benarkah iman kita terdegradasi? Benarkah kita sudah masuk zona nyaman? Tergoreskah iman kita?

Seksi Kitab Suci Paroki St Paulus mencoba mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu melalui webinar yang akan digelara pada Kamis, (24/9/2020) pekan depan. Ketua Seksi Kitab Suci Benyamin Satti menjelaskan, acara tersebut sekaligus merupakan puncak kegiatan Bulan Kita Suci Nasional (BKSN) Paroki St Paulus.

Menurut Bensa, BKSN dengan tema “Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Iman dan Identitas” menjadi kesempatan bagus untuk memaknai pandemi Covid-19 dalam terang iman. Kegiatan webinar diharapkan mampu memberi jawaban atas pertanyaan, sampai di manakah iman Katolik membentuk jati diri dan identitas kekhatolikan kita di tengah pandemi?

Yukkk… ikuti webinar yang menghadirkan narasumber  Hortensius F Mandaru (Pengajar Kitab Suci di KPKS Jakarta, Serpong dan Bogor), RP Kristianto MR Naben SVD (Pastor Misionaris SVD),  Kevin Sanly Putra (Founder & Owner @OMK_Indonesia).

Anda bisa mendaftar melalui link:

http://bit.ly/paulusbksn2020

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − twelve =