Hari Raya Penampakan Tuhan – 6 Januari 2019

Salam damai sejahtera bagimu!

Bintang sebagai penunjuk arah. Cahaya membuat terang disekitarnya dan menjadi daya tarik tertentu. Cahaya lampu menjadi daya tarik bagi serangga, seperti laron atau mrutu (dalam bahasa Jawa), serangga itu suka dekat dengan cahaya.

Manusia pun suka dalam terang dibandingkan dalam gelap, karena gelap sangat identik dengan buta, seram, suram, setan dll. Cahaya atau terang juga dilekatkan pada Tuhan, Tuhan nampak bercahaya, Tuhan menyinarkan terangNya, Tuhan adalah terang. Kita tidak bisa melihat Tuhan jika kita dalam kegelapan, hanya dalam teranglah Tuhan nampak.

Pada Hari Raya  Penampakan Tuhan (atau disebut juga Pesta Tiga Raja), Tuhan menampakan sebagai terang yang menuntun manusia pada keselamatan. Para majus (tiga raja) pun dituntun oleh bintang agar bisa menemukan Juru Selamat dan mempersembahkan harta bawaannya.

Dalam pengalaman sehari-hari bintang juga bisa menjadi kompas atau penunjuk arah bagi nelayan. Bintang bercahaya dalam kegelapan akan sangat berguna bagi hidup kita. Semoga terang Kristus membuat kita semakin tahu arah dan jalan hidup kita, yaitu datang dan menyembah Yesus.

Dengan demikian terang Kristus menjadi milik kita melalui Roh Kudus, sehingga hidup kita juga menjadi terang bagi sesama. Kita juga menjadi arah bagi orang disekitar kita menuju keselamatan. Terang telah terbit bagi kita, kuasa kegelapan tidak akan menguasainya. 🙏🏿

Alex Dedy Suprapto, OFM

Berita dan Artikel Lainnya