Deklarasi Bersama: Pemuda Katolik Kota Depok Siap Menjaga Kesucian, Keamanan dan Persaudaraan di Bulan Ramadan

Forum Muda Lintas Agama (FORMULA) Kota Depok menyelenggarakan Sarasehan dan Buka Puasa Bersama bertajuk “Bersama Membangun Bangsa” yang digelar di Pesantren Ar Karimiyah, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat (14/05).

Dalam sambutannya Rois Syuriah PCNU Kota Depok, KH. Syihabudin Ahmad menyampaikan pentingnya silaturahmi sebagai wadah perjumpaan bersama untuk membangun komunikasi antar umat beragama.

“Sebab jikalau tidak pernah bersilaturahim dan tidak pernah bertemu, ini bisa salah persepsi tentang sesuatu keadaan. Kalau kita sering bertemu, sering berkomunikasi Insya Allah akan lancar segala sesuatunya” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kota Depok, Aroli Ignatius Zai menyampaikan manfaat pentingnya silaturahmi sebagai bentuk saling memahami pluralitas di tengah perbedaan.

“Dengan kegiatan silaturahmi seperti ini, akan lebih mendekatkan kita dalam memberikan penghargaan dalam pemahaman akan perbedaan di tengah pluralitas sosial masyarakat di Indonesia, khususnya Kota Depok. Deklarasi untuk menjaga situasi Kota Depok untuk kondusif di bulan suci Ramadhan 1440 H kali ini akan membawa kita merefleksikan fungsi dan peran kita sebagai Anak Bangsa Indonesia” tambah pria yang akrab dipanggil Zai.

Menutup kegiatan tersebut seluruh peserta yang tergabung dalam Formula diantaranya Para Tokoh Agama Lintas Agama Depok, Pemuda Katolik Depok, Banser NU, Pagar Nusa, GAMKI, Matakin, Pemuda Hindu, ISKA menyampaikan Pernyataan Bersama Membangun Bangsa yang berisi:

Kami semua tokoh agama dan Pemuda se-Kota Depok,
1. Siap menjaga kesucian selama bulan Ramadan
2. Siap menjaga keamanan bersama dan persaudaraan antar sesama anak bangsa khususnya Kota Depok.
3. Menyatakan kesiapan untuk menjaga NKRI sebagai Harga Mati.

(Ign. Aroli Zai (Ketua Komcab Pemuda Katolik Kota Depok)

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 8 =