Catatan Kecil dari Pesta Pelindung Santo Yosef

KELUARGA dan Cinta adalah dua kekuatan yang mampu menghasilkan karya-karya yang tidak pernah terpikir sebelumnya .  Bekerja bersama dalam Keluarga besar Wilayah St Yosef yang didasari cinta yang tulus kepada Santo Pelindungnya Santo Yosef, mengantar pada berjalannya Perayaan Pesta Pelindung Wilayah St Yosef dengan baik.

Tahun 2021 yang di tetapkan sebagai Tahun St Yosef , Tahun Patris Corde, menambah motivasi  umat wilayah untuk menghormati Santo Pelindungnya dengan sebuah Perayaan  yang lebih menarik  dan berbeda dengan tahun sebelumnya

Seperti yang di sampaikan Ketua Wilayah St Yosef , Stefanus Destiyadi , Wilayah St Yosef  mempunyai  program bersama yaitu  rekoleksi wilayah minimal sekali di setiap tahun “ dan tradisi Wilayah Berbagi dan Peduli  pada saat perayaan Pesta Pelindung wilayah ini . Kegiatan  kegiatan ini sudah disepakati  menjadi tradisi dan menjadi tanggung  jawab bersama umat Wilayah St Yosef .

Tahun 2021 , panitia perayaan telah dibentuk sejak bulan Januari.  Panitia perayaan Pesta Pelindung Wilayah St Yosef ini merupakan hasil kolaborasi umat dan OMK Wilayah St Yosef.  Team OMK mendapat tugas khusus di bidang kreatif.

Ada tiga   kegiatan dalam Perayaan Pesta Pelindung Wilayah tahun ini,

  • Webinar Patris Corde “The Shadow Of The Father”. Webinar St Yusuf yang diinisiasi sebagai rekoleksi virtual . Pada akhirnya webinar ini disepakati sebagai kegiatan webinar Paroki St Paulus Depok dan disupport oleh Romo dan DPP Paroki St Paulus Depok
  • Perayaan Liturgi Pesta St Yosef Tahun ini   tanggal 19 Maret sebagai Pesta St Yosef suami Santa Perawan Maria tepat jatuh pada hari Jumat , dan Wilayah St Yosef mendapat tugas sebagai pelaksananya . Keterbatasan aktivitas akibat Corona tidak mematikan semangat umat untuk terlibat dalam Perayaan Liturgi ini. Dua Lagu Virtual Choir disiapkan dalam waktu satu bulan untuk memeriahkan Perayaan Pesta Santo yang dicintainya
  • Aksi St Yosef Berbagi dan Peduli .Tahun ini Wilayah St Yosef memilih membantu program Ayo Sekolah . Aksi sosial tahun ini sangat mulia karena tidak sedikit umat wilayah Santo Yosef juga terdampak akibat Krisis yang disebabkan pandemic Covid -19, namun semangat memberi di tengah kesulitan tetap dipertahankan  .

Pada hari Minggu (20/3) malam, semua kegiatan terlaksana dengan baik . Puji Tuhan webinar Patris Corde  yang menghadirkan tiga  pembicara  dan tiga Sapaan Gembala  (Sapaan Romo Paroki , Sapaan Bapak Uskup Bogor dan Sapaan Tuhan lewat lagu Tuhan Menyapa)  mampu menambah wawasan keimanan umat yang hadir dan pengenalan akan figur St Yosef dari berbagai Aspek .

Figur Santo Yosef di bahas tuntas oleh Pater  Hieronimus  Rupa, OFM . Beliau memaknai Tahun St Yosef dan Patris Corde dalam menghadapi tantangan dan persoalan di sekitar kita. Romo Paulus Waris , OCARM  Memperkenalkan secara lebih mendalam sosok St Yosep dari sisi  spiritualitas dan devosi-devosinya

Kehadiran Gus Ikrom dari PBNU sebagai narasumber semakin memberikan warna persaudaraan insani dalam tahun Persaudaraan Evangelisasi dari Keuskupan Bogor . Gus Akhmad Ikrom memperkenalkan ayat ayat toleransi dari Kitap Suci Al Quran .

Perayaan Santo Pelindung Wilayah St Yosef memang sudah selesai. Namun kita punya tugas baru untuk mendalami dan melaksanakan nilai-nilai spiritual dari St Yosef dalam membangun Keluarga yang harmonis, taat kepada kehendak Tuhan, dan juga relasi dengan sesama manusia  yang berlandaskan pada semangat persaudaran insani .

Panitia Perayaan Pesta Nama  St Yosef – Joseph L

Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + one =