Asyiknya Lomba Mewarnai



Dalam rangka menyongsong HUT gedung Pastoral St. Yohanes Paulus II, paroki St. Paulus Depok bekerja sama dengan Yayasan Kanisius Jakarta mengadakan Festival Santo Yohanes Paulus II dengan menampilkan beberapa kegiatan mulai dari orang tua seperti Demo Masak, Seminar sampai pada kegiatan anak-anak seperti lomba mewarnai dan lain sebagainya. Hari ini, Minggu, (27/10/2019) selain orang dewasa mengikuti kegiatan seminar, sebelumnya di ruang yang sama aula utama lantai tiga gedung itu diadakan lomba mewarnai yang menampilkan 130 anak SD dan TK.

Acara yang dibuka secara resmi dengan doa oleh pastor Vicaris, Pater Bartolomeus Jandu OFM ini kemudian dilanjutkan dengan gerak dan lagu yang dipandu oleh MC kesayangan BIA Kak Sisca dan Clarence. Lomba mewarnai tentu acara yang serius dan butuh konsentrasi. Akan tetapi sengaja dibuka dengan meriah agar membangkitkan antusiasme dan semangat adik-adik untuk memulainya dalam keadaan rileks tanpa rasa beban berlebih.

Untuk menjamin ketertiban, adik-adik peserta diwajibkan membawa peralatan seperti krayon dan meja sendiri dari rumah. Menariknya, teman-teman kecil kita ini juga tetap melakukan aksi Geurah hejo dengan membawa botol minum dari rumah sehingga tidak mengundang kehadiran gelas atau botol plastic lantaran pesanan air minum dalam kemasan.

Perlombaan pun dimulai dengan pembagian buku gambar sesuai dengan kelas. Selama pembagian buku pun adik-adik ini mengikuti arahan dengan baik. “Sungguh salut deh sama teman-teman kecil ini, gak salah loh tidak hanya dari Gereja St.Paulus saja tetapi dari paroki lain juga mengikuti arahan dengan baik”, ujar seorang anggota panitia bangga.

Selama perlombaan orangtua tidak diberi izin untuk mendampingi, tapi hanya mengawasi dari sisi belakang ruangan lomba supaya adik-adik bisa berekpresi melalui media yang tersedia dengan puluhan warna kesukaan mereka. Banyak yang bereksperimen melalui warna, mengerti cara gradasi hingga menghasilkan puluhan keindahan warna yang membuat dilemma ke 3 juri yang menilai hasil 130 adik-adik peserta lomba ini.

Walau demikian yang namanya lomba selalu ada pemenangnya. Dari yang baik kini ditemukan yang terbaik walaupun semua gambar adik-adik memiliki karakterter sendiri. Pada akhirnya ketiga yuri yakni Kak Bowo bidang seni lukis, Fr. Ameta wakil paroki Paulus dan Mba Tamy wakil Kanisius dengan berat hati tetapi harus menentukan sang juara dengan dua kategori yakni kelompok SD dan kelompok KB/TK. Prinsipnya semua peserta mendapat juara tetapi urutannya mulai dari satu, dua, tiga dan seterusnya.

Walau cukup seru dan serius namun diselingi tarian dari BIA dan hadir juga dongeng dan sulap yang mampu mencairkan ketegangan bahkan menyenangkan adik-adik peserta karena cukup menghibur. (Rossy-bern)

Juara 1,2,3 kelompok KP-TK
Juara 1,2,3 kelompok KP-TK
Juara 1,2,3 kelompok SD
Juara 1,2,3 kelompok SD


Berita dan Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + 15 =